Santri Tahfidz Daarul Ilmi Tasikmalaya

Legalitas: Akte Notaris Deni. S. S.H.,M.Kn.Nomor 157 Tanggal 11 Oktober 2013
Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor AHU-07530.50.10.2013

Latar Belakang

Permasalahan anak Yatim dan Dhuafa dimasa krisis ekonomi yang semakin tidak menentu ini sungguh tidak sama dengan anak-anak yang berada dalam jaminan dan perlindungan orangtuanya khususnya Pendidikan dan Masa depannya. Lembaga Pendidikan yang berkualitas jelas tak terjangkau oleh mereka, sementara pendidikan yang katanya ‘Gratis’ mutunya dipertanyakan, yang gratis dan berkualitas masih sangat langka dan tidak sebanding dengan jumlah mereka yang semakin meningkat. Kita juga melihat dan menyaksikan Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa telah ribuan didirikan oleh Pemerintah dan LSM, tugas mereka hanya sekedar memberi makan, tempat tinggal dan pendidikan ala kadarnya sampai maksimal usia SLTA, lulus SLTA masih belum mampu mandiri dan tetap menjadi beban keluarga dan masyarakat.

Tujuan

Berdirinya DAARUL ILMI CENDIKIA ini semata-mata ditujukan dalam rangka dakwah Islamiyyah dan pemberdayaan kaum dhuafa dan yatim (sosial). Bersama para pelajar dan penghafal Al-Qur’an, mari bersama-sama mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang dimulai dari kecintaan membaca dan menghafal Al-Qur’an.

PROGRAM

RUMAH PENGHAFAL QUR’AN

Rumah Penghafal Qur’an merupakan lembaga pendidikan berbasis Al-Qur’an. Dibangun diatas pondasi iman dengan asas Al-Qur’an dan Assunnah serta berupaya melahirkan generasi muslim berjiwa qur’ani yang siap dan setia menegakkan panji Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah pada diri, keluarga dan umatnya. Santri akan ditempa menjadi muslim sholih yang hafal 30 juz, beraqidah lurus, berakhlaq mulia dan menjadi tauladan yang baik serta siap berdakwah dalam kebenaran dan kesabaran.

  1. VISI
  • Menjadi Lembaga Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an yang mandiri, mengemuka dan berkualitas.
  • Mencetak Generasi Penghafal (Hafidz) Al-Qur’an yang beraqidah shahihah, berakhlaq karimah, berilmu luas dan memiliki sanad.
  • Menjadi Tempat untuk beramal/beribadah, thalabul-ilmi syar’i, mengembangkan IT, bahasa arab dan bahasa inggris

 

 

 

  1. MISI

 

  1. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang Mutqin (memiliki kualitas hafalan yang kuat) dan memiliki ijazah hafalan yang sanadnya bersambung kepada Rasulullah shallallalahu ‘alaihi wasallam.
  2. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris secara aktif dan pasif, baik lisan maupun tulisan.
  3. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang memiliki dedikasi tinggi dalam dakwah dan pelayanan ummat.
  4. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang berjiwa entrepreneurship (kewirausahaan).
  5. Menerapkan Total Quality Management (TQM) dalam proses pendidikan.
  6. Menghasilkan Calon pemimpin yang hafal Al-Quran
  7. Menyelenggarakan pendidikan berbasis Al-Qur’an

TARGET:  Santri ditargetkan hafal 30 Juz Al-Qur’an, Matematika, menguasai Tehnik dan Sistem Operasi Komputer, Desain Grafis, Website, Internet, Networking, Editing Audio Video serta mampu berkomunikasi aktif dengan Bahasa Arab dan Inggris.

  1. SIAPAKAH YANG KAMI BINA?

Anak – anak yang kami bina adalah Yatim Piatu Serta Dhuafa, kami berkeinginan mereka dapat menjadi Hafidz – Hafidzah yang handal. Percepatan terus digenjot dengan kemitraan kami dan para donatur sekalian sehingga terwujudnya cita – cita kita bersama.

  1. INDIKATOR KEBERHASILAN

Santri mampu menghafal Al-Qur’an khatam 30 juz (bil-ghaib) dalam waktu sekitar 5 tahun efektif.

Santri menjalankan ibadah wajib dan menghidupkan ibadah Sunnah

ISLAMIC HOME SCHOOLING ( IHS )

Inilah sekolah solutif yang sedang kita selenggarakan dan telah dinantikan oleh sebagian besar para Yatim dan Dhuafa serta Masyarakat umum lainnya, Islamic Home Schooling tingkat SD, SLTP dan SLTA, dengan Kurikulum utama Menghafal Al-Qur’an minimal 5 Juz sampai 30 Juz, Komunikasi Aktif Bahasa Inggris, dan Teknologi Informatika Komputer, serta pelajaran-pelajaran wajib yang aplikatif yang menitikberatkan kepada praktek seperti Fiqih Ibadah, Aqidah, Akhlaq dan berbagai life skill lainnya. inilah yang akan kita jadikan miniature system pendidikan untuk para Yatim dan Dhuafa, menempati sebuah rumah dengan fasilitas yang cukup.

 

 

RUMAH YATIM DHUAFA

Konsep Islam dalam menangani masalah Anak Yatim dan terlantar adalah dirumahkan di rumah-rumah kaum muslimin agar perhatian, kasih sayang dan perlindungan terhadap mereka lebih terjamin, inilah yang sedang kita gagas dan kita jalankan dengan terlebih dahulu membuat prototype Rumah Yatim yang ideal yang akan kita duplikasi secara Nasional.

RUMAH YATIM DHUAFA bukanlah Panti Asuhan pada umumnya, disebut Rumah Yatim karena didalamnya adalah anak-anak yang belum mukallaf tapi telah terputus nafkah dari keluarganya, juga merupakan Rumah tempat para dhuafa. Rumah Yatim Dhuafa ingin bersinergi kepada semua pihak baik secara kelembagaan maupun personal yang benar-benar ingin memberikan solusi dan kontribusi untuk pemberdayaan para Yatim dan Dhu’afa. Berharap dari sini akan lahir manusia-manusia sholeh yang siap membantu ummat dan menduplikasi sistem pendidikan Islam keseluruh Nusantara.

AMAL USAHA:

Alhamdulillah semenjak berdirinya Daarul Ilmi Cendikia sudah ditunjang oleh beberapa amal usaha diantaranya:

  1. Bekam Ruqyah Center, adalah Rumah Sehat yang aplikasinya pada terapi islami, cara sehat ala Nabi Saw ( Ath Thibbun Nabawi ) yang melibatkan herbal-herbal as sunnah unggulan. Karena pengobatan ’Rumah Sehat’ sesuai dengan syari’ah Islam yang Insya Allah dapat mengobati berbagai macam penyakit. Adapun terapi yang ada dalam ’Rumah Sehat’ adalah Bekam /Al Hijamah, Ruqyah Syari’yyah, Terapi Iman , Terapi Herbal, dll.
  2. Dapur Santri, adalah amal usaha dibidang Kuliner dan yang memasak adalah para santri penghafal Qur’an memperkenalkan masakan khas Nusantara dan Timur Tengah seperti: Nasi kebuli, Cane Kari Kambing, Sate Kambing, Tonsgeng, Sop Kambing, Nasi Timbel, Ayam Bakar Khas Kota Santri, dll.
  3. Hafid Water Alkaline Therapy, adalah air yang diproses melalui elektrolisis (di berikan arus listrik melalui penghantar plat titanium) sehingga mengubah struktur atom air (H2o) terpisah menjadi OH- yg bersifat BASA, dan H+ yg bersifat asam, dibuat dari teknologi inovatif Enagic yang dapat memproduksi Air Alkali dan Air Asam terionisasi melalui elektrolisis.

Telah melalui proses stimulasi dengan gelombang suara bacaan Al Qur’an.

Diproduksi oleh Santri Penghafal Qur’an.

 

 

PENGURUS :

Pendiri dan Pembina   : Ust. Ahmad Al Hafidz

 

Ketua                           : Ummi Maryam Pelupessy

 

Sekretaris                    : Hilmi

 

Divisi Pengasuh          : Ust. Mukhlisin

 

Divisi Pendidikan        : Ust. Robby

Ustadzah Sintia

 

Divisi Amal Usaha       : M. Irfan Al Hafidz

Divisi Kesantrian         : Lulu Fakhrurozi Al Hafidz

 

Jumlah Santri

Ikhwan             : 30

Akhwat            : 40

 

Alamat:

Kampus I: Perum Bumi Lestari D.25 Jl. Raya Tamansari Kel. Sambongjaya Kec. Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Kampus II: Kp. Karaha Kec. Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya